PEMANFAATAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS V SD NEGERI 11 ANGATA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KABUPATEN KONAWE SELATAN

Authors

  • didin didin Universitas Halu Oleo
  • Darnawati darnawati Universitas Halu Oleo
  • la Batia La Batia Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpps.v8i2.71

Keywords:

Pemanfaatan, Media Big Book, dan Mata Pelajaran IPS.

Abstract

ABSTRAK: Tujuan Penelitian 1) Untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas SD Negeri 11 Angata melalui pemanfaatan media Big Book. 2). Untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas V SD Negeri 11 Angata pada mata pelajaran IPS dengan mengunakan prosedur dan tata cara yang sesuai dengan karakteristik siswa.3) Untuk menjadikan media Big Book sebagai alternatif untuk mengurangi tingkat keterlambatan kemampuan literasi pada siswa kelas V SD Negeri 11 Angata. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 11 Angata Kabupaten Konawe Selatan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, Dokumentasi, Wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Big Book memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan membaca dalam memahami mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 11 Angata kabupaten Konawe Selatan. Hal ini di buktikan dengan evaluasi membaca dimana terdapat perbedaan kemampuan membaca siswa antara siklus I dan II. Pada siklus I kemampuan membaca siswa mencapai 85,7% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92,1%. Berdasarkan hasil perbandingan rata-rata nilai siswa, terdapat perbedaan peningkatan nilai rata-rata siswa dimana sebelum diterapkannya media Big Book nilai rata-rata siswa hanya mencapai 65,9 dan belum memenuhi standar KKM yang ditetapkan oleh sekolah ≤75 sedangkan setelah di tetapkannya media Big Book nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 86,8 dan telah memenuhi standar KKM yang di tetapkan oleh sekolah. Dengan demikian memperkuat kesimpulan bahwa media pembelajaran Big Book berpengaruh pada kemampuan literasi siswa kelas V SD Negeri 11 Angata kabupaten Konawe Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryad, A. (2002) Media Pembelajaran Jakarta: PT. Raja Grofindo Persada

Rahim, (2008) Mengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Ed. 2. Jakarta : Bumi Aksara

Dhieni, Nurbiana dkk, (2009) Metode Pengembangan Bahasa jakarta : Universitas Terbuka.

Fahyuni dan Fariyatul Enit dkk, (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo : Nizamia Learming Center.

Gunawan, D. (2015) Sekali lagi tentang big book. Diakses pada tanggal 5 april 2015 dari http:// komapasiana.com/dedygunawanhutajula.

Hamalik dalam Azhar (2002) Media Pengajaran : Bumi Aksara

Hidayatul, (2016) Media Pembelajaran jakarta : Bumi Akasara

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), (2008). Tentang hubungan antara literasi dan menulis

Latif dan M.Zulkhairina dkk, (2013). Orientasi baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dalam Aplikasi: jakarta : Prenada Media.

Muchtar, R. (2000). Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Kendari : FKIP Unhalu

Pasal 37 Undang-Undang ISDIKNAS tentang kurikulum pemeblajaran.

Pusat kurikulum 2006. Tentang Ilmu Pengetahuan Sosial.

Pemendiknas Tahun (2006). No. 22 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.

Ruhaena, L. (2013) Proses Pencapaian Kemampuan Literasi Dasar Anak Prasekolah dan Dukungan Faktor-Faktor dalam Keluarga. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

..........................(2004) Pengantar Statistika cet II : jakarta : Bumi Aksara.

Rohani, Ahmad (2010) Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi jakarta : Kencana Perdana Media Grup.

Sudiman, A.S dan Rahardjo R, (2012). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Setiawan, Denny dkk. 2001 Belajar Membaca yang Menyenangkan dengan Big Book. Jakarta : Indolatih Manajemen

Sudjana, N. Teori-Teori Pembelajaran untuk Pengajaran. Pusat penerbit UT. Jakarta.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bina Aksara.

Supriatna, Sumarna dan Muhammad Hatta, (2014). Penilaian Profolio: Bandang Remaja Rosda Karya.

Solehudin dkk. (2009). Pembaharuan Pendidikan TK. Jakarta : Universitas Terbuka.

Tim Bahasa Indonesia, (2009). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Awal. Medan : UNIMED.

Usaid Prioritas (2014). Program Literasi yang Efektif : Buku sumberuntuk dosen LPTK. Makassar : Usaid Prioritas,.

Usman, Husaini dan Purnomo Setia Adyakbar. (2008) Pengantar Statistika, cet. II: jakarta Bumi Aksara,.

United States Agency International Depelopment Buku Sumber untuk Dosen LPTK Pembelajaran Literasi di Kelas Awal LPTK. http//:www.proritas pendidikan.org/id/media/view/buku/sumber/untuk/dosen/lptk.Diakses tanggal 18 januari 2017.

Wardani, (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2023-04-29