PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS-2 SMA NEGERI 2 KALEDUPA

Authors

  • Minarti Minarti Universitas Halu Oleo
  • Jamiludin Jamiludin Universitas Halu Oleo
  • hayari Hayari Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpps.v8i2.36

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk meningkatkan efektivitas mengajar guru sejarah kelas XI IPS-2 SMA Negeri 2 Kaledupa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, 2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 2 Kaledupa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, 3) Untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 2 Kaledupa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2022 di SMA Negeri 2 Kaledupa pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Efektivitas mengajar guru sejarah kelas XI IPS-2 SMA Negeri 2 Kaledupa mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 62% dan mengalami peningkatan  pada siklus II sebesar 92%. Hal ini telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan dalam penelitian ini, yakni sebesar 90%. 2) Aktivitas belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 2 Kaledupa mengalami peningkatan  dengan persentase pada siklus I sebesar 54% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 92%. Hal ini telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan dalam penelitian ini, yakni sebesar 90%. 3) Hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS-2 SMA 2 Kaledupa pada siklus I secara klasikal persentase ketuntasan sebesar 61% dengan nilai rata-rata 68. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 90% dengan nilai rata-rata 87. Hal ini telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan dalam penelitian ini, yakni sebesar 80%.      

Kata Kunci: Penerapan, PBL, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ernawati. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Perbandingan dan Skala.Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. II No.IV, Desember 2017, hlm.110-120.

Handayani, M. 2018. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Asam dan Basa Melalui Studi Kasus Secara Berkelompok di SMAN 1 Luhak Nan Duo. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3 (3), 491-500.

Haslina. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X 1 SMA Negeri 1 Lambandia pada Matari Pokok Hakekat

Kurniasih, Imas. dkk. 2014. Teknik dan Cara Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kata Pena

Langgiong. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Pondidaha. Hasil penelitian. Tidak di publikasi

Sapriya. 2012. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Subakti, Y.K. 2010. Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Konstruktivisme. Yogyakarta: Universitas Dharma Yogyakarta

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suherti, Euis dan Siti Maryam Rohimah. 2017. Pembelajaran Terpadu. Bandung: Universitas Pasundan.

Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zahro, Mustika, Sumardi, dan Marjono. 2017. The Implementation Of The Character Education In History Teaching. Jurnal Historica. Vol. 1 No.1

Downloads

Published

2023-04-29