PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS-2 SMA NEGERI 2 KALEDUPA
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpps.v8i2.36Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk meningkatkan efektivitas mengajar guru sejarah kelas XI IPS-2 SMA Negeri 2 Kaledupa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, 2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 2 Kaledupa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, 3) Untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 2 Kaledupa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2022 di SMA Negeri 2 Kaledupa pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Efektivitas mengajar guru sejarah kelas XI IPS-2 SMA Negeri 2 Kaledupa mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 62% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 92%. Hal ini telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan dalam penelitian ini, yakni sebesar 90%. 2) Aktivitas belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 2 Kaledupa mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 54% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 92%. Hal ini telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan dalam penelitian ini, yakni sebesar 90%. 3) Hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS-2 SMA 2 Kaledupa pada siklus I secara klasikal persentase ketuntasan sebesar 61% dengan nilai rata-rata 68. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 90% dengan nilai rata-rata 87. Hal ini telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan dalam penelitian ini, yakni sebesar 80%.
Kata Kunci: Penerapan, PBL, Hasil Belajar
Downloads
References
Ernawati. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Perbandingan dan Skala.Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. II No.IV, Desember 2017, hlm.110-120.
Handayani, M. 2018. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Asam dan Basa Melalui Studi Kasus Secara Berkelompok di SMAN 1 Luhak Nan Duo. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3 (3), 491-500.
Haslina. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X 1 SMA Negeri 1 Lambandia pada Matari Pokok Hakekat
Kurniasih, Imas. dkk. 2014. Teknik dan Cara Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kata Pena
Langgiong. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Pondidaha. Hasil penelitian. Tidak di publikasi
Sapriya. 2012. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Subakti, Y.K. 2010. Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Konstruktivisme. Yogyakarta: Universitas Dharma Yogyakarta
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suherti, Euis dan Siti Maryam Rohimah. 2017. Pembelajaran Terpadu. Bandung: Universitas Pasundan.
Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zahro, Mustika, Sumardi, dan Marjono. 2017. The Implementation Of The Character Education In History Teaching. Jurnal Historica. Vol. 1 No.1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.