UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI MASA COVID-19 DI SMA NEGERI 1 MENUI KEPULAUAN

Authors

  • Hasbin Hasbin Universitas Halu Oleo
  • Darnawati Darnawati Universitas Halu Oleo
  • La Batia La Batia Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpps.v7i2.32

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk menjelaskan proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran sejarah di masa Covid-19 di SMA Negeri 1 Menui Kepulauan. (2) Untuk menjelaskan kesulitan yang di alami dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah di masa Covid-19 di SMA Negeri 1 Menui Kepulauan. (3) Menjelaskan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam masa covid-19. Metode Penelitian ini, di gunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen penelitian kunci adalah peneliti itu sendiri, dan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Proses pelaksanaan pembelajaran sejarah yang disusun oleh guru di SMA Negeri 1 Menui Kepulauan sudah sesuai dengan acuan Kurikulum 2013. Kegiatan pendahuluan yang dilakukan guru sejarah, melakukan kegiatan; mengucapkan salam sebelum masuk kedalam kelas dan berdoa, memeriksa kehadiran siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan kompetensi yang diharapkan setelah pembelajaran selesai, dengan menyusun perangkat pembelajaran antara lain  penyusunan program tahunan, program semester, rincian minggu efektif, kriteria kelulusan minimal, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pembelajaran sejarah memerlukan perencanaan yang matang, meliputi penyempuran kurikulum tingkat satuan pendidikan, penentuan materi, metode, strategi, sarana, alat atau media, sumber belajar dan evaluasi, agar sesuai dengan kriteria kelulusan minimal kompetensi dasar. (2) Kesulitan yang dialami siswa ialah kesulitan dalam memahami materi belajar, kesulitan dalam mengakses materi belajar dan juga kesulitan dalam pengumpulan tugas yang mengakibatkan keterlambatan dalam pengumpulan tugas siswa. (3) Upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar sejarah siswa yaitu dengan merancang pembelajaran yang tidak memberatkan siswa, menggunakan media yang berukuran kecil, mempersiapkan siswa sebelum belajar, memberikan contoh-contoh yag berkaitan dengan lingkungan sekitar, mengizinkan siswa melakukan personal chat untuk menanyakan materi, memberikan motivasi, menjalin komunikasi yang baik dengan siswa, tugas bisa di kumpulkan di sekolah pada hari senin, serta melakukan pembelajaran tatap muka sesekali agar memudahkan siswa dalam memahami materi dan siswa tidak merasa bosan karena pembelajaran yang dilakukan secara daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Aderholt, R. (2020, March). Coronavirus outbreak shining an even brighter light on internet disparities in rural America. The Hill.

Anderson, J. (2020, March). Should schools close when coronavirus cases are still rare? Quartz.

Annisatul Mufarokah. 2013. Strategi dan Model-Model Pembelajaran. Tulungangung pres.

Arifa, Fieka Nurul. 2020. Kendala Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah Dalam.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.

Arora, A. K., & Srinivasan, R. (2020). Impact of pandemic COVID-19 on the teaching – learning process: A study of higher education teachers. Prabadhan:IndianJournalofManagement,13(4).https://doi.org/10.17010/pijom/2020/v13i4/151825.

Azzi-Huck, K., & Shmis, T. (2020). Managing the impact of COVID-19 on education systems around the world: How countries are preparing, coping, and planning forrecovery. World Bank Blogs.

Bakhtiar, T. (2016). Optimal intervention strategies for cholera outbreak by education and chlorination. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 31 (1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/31/1/012022.

Barennes, H., Harimanana, A. N Lorvongseng, S., Ongkhammy, S., & Chu, C. (2010). Paradoxical risk perception and behaviours related to Avian Flu outbreak and education campaign, Laos. BMC Infectious Diseases, 10 (March 2006). https://doi.org/10.1186/1471-2334-10-294.

Basri, Rivai, dan Veithzal 2015, Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan, Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO declares COVID-19 a pandemic. Acta Bio-Medica : Atenei Parmensis, 91 (1), 157–160. https://doi.org/10.23750/ abm.v91i1.9397.

Chusna, F. A. (2016). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pangenrejo. Basic Education, 5(35), 3-292.

Dalyono, M. 2015. Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, Sudarwan. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

DHEC. (2019). Higher education guidance on novel coronavirus or COVID-19 (Vol. 2019).

Djamarah. 2018. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Bandung.

Domenico, L. Di, Pullano, G., Coletti, P., Hens, N., & Colizza, V. (2020). Expected impact of school closure and telework to mitigate COVID-19 epidemic in France.

Dowling, S, 2020 how global outbreaks are contained, Bbc.Com, https://doi.org/10.24036/diakronika/vol 18-iss2/66

DPR RI, 2012, Undang-undang RI Nomor 12 Tahun 212 Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Lembaran Negara RI.

Gagne dan Briggs. 2010. Pengertian Pembelajaran.

Ginanjar, M. Hidayat. 2015. Tantangan dan Peluang Lembaga Pendidikan Islam Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Volume 04 No.08, Juli 2015, Edukasi Islami, Jurnal Pendidikan Islam.

Hafid, Anwar dkk. 2014. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Kendari: Alfabeta.

Heriyansyah. 2018. Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.I, No.1

Hilgard, E R dan Bower G H. (2011). Theories of learning. Englewood Cliffs, New York: Prentice-Hall.

Huang, R. H., Liu, D. J., Tlili, A., Yang, J. F., & Wang, H. H. (2020). Handbook on facilitating flexible learning during educational disruption: The Chinese experience in maintaining undisrupted learning in COVID-19 Outbreak. In Smart Learning Institute of Beijing Normal University UNESCO.

Ismail 2016. Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalampembelajaran Aktif Di Sekolah. Jurnal Edukasi Vol 2, Nomor 1.

Karlsen, H., Mehli, L., Wahl, E., & Staberg, R. L. (2015). Teaching outbreak investigation to undergraduate food technologists. British Food Journal, 117 (2), 766-778. https://doi.org/10.1108/BFJ-02-2014-0062.

Karp, P., & McGowan, M. (2020, March). “Clear as mud” schools ask for online learning help as coronavirus policy confusion persists Australia news. The Guardian.

Kemendagri. 2020. Pedoman Umum Menghadapi Pandemi COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen. Jakarta: Kemendagri.

Khan, M., Kazmi, S., Bashir, A., & Siddique, N. (2020). COVID-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. Journal of Advanced Research, 24, 91-98. https://doi.org/10.1016/j.jare.2020.03.005.

Komalasari, Kokom. 2010. “Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi”. Bandung: Refika Aditama. Masa Darurat Covid-19. Jurnal Kesejahteraan Sosial, 12 (7): 13-18.

Li, C., Yang, Y., & Ren, L. (2020). Genetic evolution analysis of 2019 novel coronavirus and coronavirus from other species. Infection, Genetics and Evolution, 82 (March), 1–3. https://doi.org/10.1016/j.meegid.2020.104285.

Li, T., Lu, H., & Zhang, W. (2020). Clinical observation and management of COVID-19 patients. Emerging Microbes & Infections, 9 (1), 687–690. https://doi.org/10.1080/22221751.2020.1741327.

Lin, Q., Zhao, S., Gao, D., Lou, Y., Yang, S., Musa, S. S., Wang, M. H., Cai, Y., Wang, W., Yang, L., & He, D. (2020). A conceptual model for the coronavirus disease 2019 (COVID-19) outbreak in Wuhan, China with individual reaction and governmental action. International Journal of Infectious Diseases, 93, 211–216. https://doi.org/10.1016/j.ijid.2020.02.058.

Lloyd-Sherlock, P. G., Kalache, A., McKee, M., Derbyshire, J., Geffen, L., Casas, F. G.-O., & Gutierrez, L. M. (2020). WHO must prioritise the needs of older people in its response to the covid-19 pandemic. BMJ (Clinical Research Ed), 368 (m1164), 1. https://doi.org/10.1136/bmj.m1164.

Mahase, E. (2020). Covid-19: WHO declares pandemic because of “alarming levels” of spread, severity, and inaction. BMJ (Clinical Research Ed.), 368(m1036), 1. https://doi.org/10.1136/bmj.m1036.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Media.

Mahyuddin. 2015. Konsep Guru Profesional (Kajian Terhadap Efektivitas Sertifikasi Guru, Komitmen Kerja Guru Dan Kemampuan Kerja Guru Bersertifikasi) Di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Se-Kota Pekanbaru. a. Bag. TU. Kakanwil Provinsi Riau.

Maya, Rahendra. 2013. “Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter”. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah Bogor. Vol. 03 No. 02 Edisi Januari 2013.

Meleong, L. J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah, 2013, Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional, Bandung : PT Rosda Karya.

Perdana, M. P. W. (2020). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)dalamPembelajaranSejarah.https://doi.org/https://doi.org/10.35542/osf.io/8qy5f.

Phan, T. (2020). Genetic diversity and evolution of SARS-CoV-2. Infection, Genetics and Evolution, 81 (February), 104260. https://doi.org/10.1016/j.meegid.2020.104260.

Pianda, D, 2018, Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Sukabumi: CV Jejak.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan dan Akdon. 2010. Rumus dan Data dalam Analisis Data Statistika. Bandung: Alfabeta.

Salaga, S. 2012. Konsep Dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press.

Siregar, Eveline dan Nara Hartini. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Siregar, Eveline, Dra., M.Pd. dan Nara, Hartini M.Si. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. 2019. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sohrabi, C., Alsafi, Z., Neill, N. O., Khan, M., Kerwan, A., Al-jabir, A., Iosifidis, C., & Agha, R. (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery, 76, 71–76. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034.

Su, L., Ma, X., Yu, H., Zhang, Z., Bian, P., Han, Y., Sun, J., Liu, Y., Yang, C., Geng, J., Zhang, Z., & Gai, Z. (2020). The different clinical characteristics of corona virus disease cases between children and their families in China –the character of children with COVID-19. Emerging Microbes & Infections, 9 (1), 707–713. https://doi.org/10.1080/22221751.2020.1744483.

Subini, N dkk. 2013. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pusaka.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Suryani, Nunuk dan Agung, Leo. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Susanto, A, 2016, manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep Strategi dan Implementasinya, Cimanggis: Prenada Media Group.

Swantoro, P. (2016). Masa Lalu Selalu Aktual. Kepustakaan Populer Gramedia.

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan Belajar. Magistra, 22 (73), 33.

Trianto. 2018. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif–Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Grafika.

UNESCO. (2020c). School closures caused by Coronavirus (Covid-19). COVID-19 Educational Disruption and Response.

UNESCO. (2020a). Distance learning solutions. UNESCO’s COVID-19 Education Response.

UNESCO. (2020b). Motivating learners during remote learning due to COVID-19 -Tips for teachers (p. 1). UNESCO.

Van Fleet, J. (2020). Education in the time of COVID-19. Global Partnership for Education.

Wang, H., Wang, Z., Dong, Y., Chang, R., Xu, C., Yu, X., Zhang, S., Tsamlag, L., Shang, M., Huang, J., Wang, Y., Xu, G., Shen, T., Zhang, X., & Cai, Y. (2020). Phase-adjusted estimation of the number of Coronavirus Disease 2019 cases in Wuhan, China. Cell Discovery, 6 (1), 4-11. https://doi.org/10.1038/s41421-020-0148-0.

Warsono 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Watkins, J. (2020). Preventing a covid-19 pandemic. The BMJ, 368 (February), 1–2. https://doi.org/10.1136/bmj.m810.

Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

World Health Organization. (2020). Key messages and actions for COVID-19 prevention and control in schools (L. Bender (ed.); Issue March). UNICEF.

Worldometers. (2020). COVID-19 coronavirus pandemic. Coronavirus.

Yan, W. (2020, March). How will COVID-19 impact global education. China Daily.

Zahro M., Sumardi dan Marjono. 2017. The Implementation Of The Character Education In History Teaching. Jurnal Historica. 1(1).

Zhang, W., Wang, Y., Yang, L., & Wang, C. (2020). Suspending classes without stopping learning: China’s education emergency management policy in the COVID-19 outbreak. Journal of Risk and Financial Management, 13 (3), 55. https://doi.org/10.3390/jrfm13030055.

Downloads

Published

2022-04-30